Solusi Mengurangi Polusi

Salah satu faktor yang menyebabkan pencemaran udara adalah banyaknya asap yang di hasilkan oleh pabrik-pabrik maupun kendaraan bermotor lainya. oleh sebab itu kita generasi penerus bisa sedikit untuk mengurangi Pemanasan Global.

Seiring dengan  perkembangan zaman kebutuhan manusia makin meningkat dengan pesat, salah satunya kebutuhan akan pekerjaan . Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita memerlukan alat transportasi atau kendaraan untuk pergi bekerja ataupun pergi menuntut ilmu. Namun meskipun kendaraan memberikan dampak yang baik terhadap manusia, bukan berarti mobil atau sepeda motor tidak memiliki dampak negatif. Sala satunya dapat menyebabkan polusi yang dapat membahayakan manusia.

Ada cara yang efektif  dan mudah untuk mengurangi polusi udara , sala satunya dengan menggunakan sepeda. Untuk jarak tempuh yang dekat, alangkah baiknya menggunakan sepeda. Terlebih lagi bagi siswa yang rumah dengan sekolahnya tidak terlalu jauh. Kalaupun tidak bisa dilakukan setiap hari, paling tidak lakukan dalam seminggu sehari bersepeda sekolah.

Ada beberapa keuntungan bersepeda selain mengurangi polusi udara diatas, diantaranya adalah tubuh menjadi bugar, ongkos pemilharaanya yang mudah dan yang lebih hebat lagi tentunya menghemat pemakaian BBM yang isunya sedang hangatnya sekarang. selain badan sehat, kita juga mendukung pemerintah dalam penghematan BBM bersubsidi.

Dan Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan adalah seperti berikut ini:

  1. Jika tidak jauh, bersepeda atau berjalan kaki adalah transportasi yang sebaiknya kita pilih untuk kegiatan sehari-hari. Bersepeda dan berjalan kaki selain mengurangi polusi tetapi juga membantu kita untuk lebih sehat.
  2. Apabila menempu jarak menengah hingga jauh, kita dapat mempergunakan angkutan umum seperti bus, kereta api, dan sebagainya. Pertimbangannya adalah mengurangi jumlah penggunaan kendaraan dan emisi gas yang dihasilkan setiap hari.
  3. Berbagi kendaraan. Sebuah perusahaan atau ekolah, atau pribadi sebaiknya menyediakan saranan angkutan khusus seperti bus karyawan atau sekolah yang dapat mengangkut karyawan dan murid yang memiliki rute searah. Tak hanya itu, kita pun secara pribadi dapat membagi penggunaan kendaraan kita dengan mengajak teman yang searah.
  4. Memberlakukan sistem jam three in one. Hal ini dilakukan untuk mengefisienkan penggunaan kendaraan roda empat, yaiut minimal tida orang di dalam sebuah kendaraan.
Dengan melakukan 4 hal di atas, kita sudah berpartisipasi dalam pencegahan dan pengurangan pencemaran lingkungan hidup. semoga bermanfaat.

Salam Kring-kring...!!! untuk Nusantara.

Posting Komentar