Bersepeda Menjadi Olahraga Yang Menarik

Haii guys....Apakah kalian ingin berolahraga, mengurangi stres, membangun otot yang kuat, menurunkan berat badan dan mendapatkan kebugaran tanpa latihan berjam-jam di tempat yang statis? Apakah ada cara untuk mendapatkan ini??
cuma satu solusinya adalah "Bersepeda".

Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.

Bersepeda itu bukan masalah jumlah kilometer, tapi lebih pada menikmati setiap kayuhan untuk mendapatkan tiap kilometer itu ... Ada tanjakan ada turunan,
Saat sedang menanjak, janganlah terlalu bernafsu mencapai puncak atur nafas, atur tenaga, konstankan putaran supaya efektif mencapai puncak dan konsentrasi tetap ada untuk menghadapi turunan.

Saat sedang menurun ... janganlah kaget hingga terlalu cepat menarik rem ... kamu akan terjungkal dan makin terpuruk ...Ikuti alur jalannya ... seimbangkan remnya ... ambil momentum putarannya ... hingga saat kamu menanjak kamu tidak membuang tenaga.

Manfaat sepeda bagi kesehatan:
  • Pertama dan terutama, sepedaan alias gowes melatih bantalan lutut kita. Artinya dari satu orang pria yang nyeri lutut terdapat 4 wanita dengan keluhan yang sama. Penyakit ini sering disebut dengan dengkul kopong, keropos atau bahasa kerennya Osteoarthitis. Bentuknya pengapuran pada sendi lutut. Gejalanya rasa tidak kuat untuk berjalan, cepat lelah, tidak bisa jongkok serta gampang jatuh. Yang parah untuk berjalan saja sakitnya bukan main. Kretek…kretek…kretek gitu bunyinya. Bersepeda sangat baik bagi kesehatan lutut kita. Hampir tidak ada olahraga lain yang bisa melatih bantalan dengkul sebaik gowes secara rutin.
Menginjak usia 40an, masalah lutut ini akan mulai muncul. Saat inilah kita baru mengetahui manfaat olahraga bersepeda.
  • Kedua, kalori yang dibakar melalui olahraga gowes setara dengan aerobic low impact. Mari kita lihat jumlah kalori yang dibakar dengan berolaraga:
  • Ketiga, sepedaan pagi hari, mulai jam 04.00 - 06.00 sangat baik bagi jantung. Sinar matahari pagi pukul 06.00 - 09.00 sangat baik bagi kulit. Di atas pukul 10.00 hingga pukul 15.00 tidak baik berjemur di bawah matahari karena bisa bikin gosong. hehe.. 
  • Keempat, Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.
Semoga tulisan ini bermnfaat bagi anda yang membacanya, terutama yang hobi bersepeda.
salam Kring-kring..!!! untuk Nusantara.

Posting Komentar